Sabtu, 13 Agustus 2016

Dataran Tinggi Dieng

janjian jam 8 malem di terminal bungurusih, akhirnya molor juga sampe jam 11 malem baru ketemu di terminal. Perjalanan kali ini saya bersama dua orang teman saya dari surabaya dan salah satunya dari palembang akan menikmati, indahnya hamparan kebun dieng dan golden sunrisenya prau. Jam 11 kuta ketemu diterminal, nyari bus jurusan jogja. Perjalanan kurang lebih 7 jam untuk sampe ke terminal jogja. Setelah nyampe jogja, kita lanjut nyari bis kecil jurusan magelang perjalanan sekitar 1 jam. Dari magelang oper lagi nyari bisa kecil jurusan terminal wonosobo, perjalanan cukup lama sekitar dua jam tapi di dalam perjalanan kita dimanjakan pemandangan nan caktik, kuta melewati tengah - tengah antara gunung sumbing dan gunung sindoro, sungguh benar - benar mempesona. Selama perjalanan kita berjumpa dengan berbagai penumpang dari orang orang yg mau ke pasar anak anak yg ke sekolah, duh ceweknya geulis pisan, kalem kalem lagi
Setelah smpe di terminal wonosobo, kita sarapan dulu lah. Biar nambah tenaga. Dari terminal wonosobo, nyari bis kecil lagi menuju dieng plateau atau basecampnya prau. Kita akan mendaki lewat patak banteng. Disana rame banget, mungkin ratusan sampe ribuan orang yg akan mendaki ke prau. Memang prau memiliki daya pesona yg sungguh luar biasa, mata kita akan dimanjakan keindahan alam wonosobo yg mempesona.
Kita start pendakian jam setengah 2 siang, cuaca yg lumayan panas dengan udara yg sejuk, dan trek yg berpasir, disarankan disini menggunakan masker yg tebel, karena debunya gila banget. Untuk mencapai puncak atau camp area dibutuhkan waktu 2 jam an.
Setelah nyampe di puncak, gila uda rame banget yg sudah bangun tenda. Di atas sini kabutnya sangat tebal, setalah kita bangun tenda langsung tidur deh, karena memang  saat itu lagi kabut, dan debu pasirnya berterbangan.
pasar prau

Di pagi yang indah, menanti sang surya yang akan muncul, saya membuka tenda. Dan melihat di depan saya pesona gunung kembar sindoro sumbing yg begitu membuat saya takjub akan keindahan ciptaan Tuhan. Katanya merk aqua itu dari foto gunung ini. Sembari menikmati pemandangan alam wonosobo, kita menanti golden sunrise, memang benar prau sungguh sangat cantik, dan golden sunrise memang benar adanya.  Tidak lupa kita selalu mengabadikan momen momen yg bagus ini, untuk disimpen dalem memory haha

Puas dengan pesona prau, kita masak masak dulu, masak air aja cukup untuk menikmati kopi manis semanis mbaknya yg didepan tenda hmuhehe setelah semuanyabusai kita langsung packing persiapan untuk turun. Kalau turun nih treknya licin, debu pasirnya masih banyak banget. Perjalanan turun untuk sampe ke basecamp butuh waktu 1 jam. Pas nyampe bawah kita langsung nyari warung untuk mandi dan memberaihkan diri, tidak lupa untuk mencari sarapan juga. Di basecamp banyak yg jual oleh oleh nih, mulai dari makanan khas wonosobo, baju, dan pernak pernik unik.
Jam 10 pagi kita langsung nyari bis lagi menuju terminal wonosobo, lumayan nunggu cukup lama karena nunggu penumpang penuh dulu -_- sekitar pukul 12 sianh kita sampe terminal, dari terminal wonosobo kita nyari bis besar jurusan semarang, kita pulang lewat jalur yg beda nih, ya itung itung keliling jawa tengah
wkwk karena medanya juga naik turun, saya rasa bisnya ini lelet banget, untung rasa kecewanya saya terbayar dengan pemandangan selama perjalanan. Jam 5 sore kita baru sampe di terminal semarang. Nyari makan dulu lah di Semarang, perut uda teriak teriak nih -_-
Setelah semuanya usai, kita lanjut oper naik bisa jurusan surabaya, gile naik bisa ini bikin jantung saya mau copot, sopirnya keren banget kayak sopir fast and furious kalau nyetir, parah deh. Ini nyawa yg di bawa, bukan barang -_-
Perjalanan pulang butuh waktu sekitar 8 jam an, saya nyampe rumah jam 4 shubuh. Sebenarnya masih ingin berlama lama menikmati prau, tapi hari senin saya harus kerja. Setelah nyampe rumah, ya nguat nguatin mata karena jam 7 saya harus mencari nafkah lagi untuk istri saya *ehh  iya maksudnya modal nikah saya nanti