Sabtu, 13 Agustus 2016

The Highest Peak of Central Java

Di awali ajakan gila temen saya, naik gunung pas lebaran. Sungguh hal yg tak aku bayangkan sebelumnya. Maksud hati ingin mendaki gunung, tapi ajakan ke gunung cuma adanya pas wkatu itu saja. Dengan berat hati meminta restu ibu untuk ikut naik gunung.
Ya saya harus pandai mengatur waktu, bagaimana agar saya juga bisa bersilaturahmi dengan saudara juga bisa on time janjian sama temen temen.
Jam 3 sore kita janjian di terminal bungurasih, rencana awal kita akan nyari bis jurusan magelang, karena kita akan melakukan pendakian sindoro sumbing. Karena susahnya angkutan, dan banyak penumpang juga di hari raya, kita akhirnya naik bis jurusan purwokerto, selama perjalanan saya menikmati macetnya suasana lebaran, pas nyampe Ngawi dapet kabar kalau sindoro sumbing di tutup, kecewa sih, akhirnya kita memilih slamet sebagai tujuan, tanpa persiapan juga, karena kita nyiapin semua buat ke sindoro sumbing. Perjalanan yg cukup lama kita baru smape terminal Purwokerto jam 4 shubuh, dari sini kita nyari angkutan umum menuju batu raden. Katanya sih baturaden juga basecamp pendakian slamet. Pas nyampe sini kita dibuletin sama orang orangan sini, katanya kalau disini jalurnya bahaya sudah ditutup, kalaupun dibuka harus bawa porter, di baturaden ini tempat wisata di kaki gunung slamet. Kita muter muter ga jelas deh, bingung mau kemana, basecamp satunya da di kota sebelah. Mungkin Tuhan mengabulkan doa kita, dengan modal nanya sana sini akhirnya kita menemui jalan, ada angkutan umum yg mau nganter ke basecamp bambangan, kita akan motong jalan lewan hutan baturaden, saya akui sih jalannya ini cukup dilewati satu mobil, jarang yg lewat sini, karena jalannya memang benar benar rusak. Hampir sejam kita melewati hutan, akhirnya smape di jalan raya juag, kanan kiri dengan hamparan luar perkebuna strowberry dan nampak dari jauh puncak slamet yg woow lah. Pas kita nyampe di basecamp bambangan, ternya ini yg kita dapet. Slamet ditutup, slamet lagi erupsi, dilarang ada pendakian. Bingun lagi deh, tanpa banyak perdebatan, akhirnya kita maksa untuk melakukan pendakian, ya selama di jalan sudah diingetin warga, tapi ya dengan nekat dan doa insha Allah kita mau berusaha.

ditutup lagi erupsi

Kita tidak mempelajari trek slamet, tanpa pengetahuan apapun kita cuma mengikuti jalan setapak, saya akui disini jalanan masih alami, jarang ada sampah, memang banyak percabangan, dan tidak ada mata air. Syukur alhamdulillah jam 5 sore kita sampe di pos terakhir camp, sebuah gubuk tua. Selama perjalanan kita tidak ketemu satupun pendaki, memang saat itu hanya kita berempat yang mendaki Slamet. Tenda kita dirikan, btw kita bawa tenda kap 2-3 wkwkkw padahal orang nya 4, nekat lagi ya -_- kita masak dulu untuk mengisi perut yg sudah lapar banget. Pas tidur saya khawatir, tidak tenang. Gimana bisa tenang, kalau kita ndaki gunung yg juga lagi ga tenang. Dalam hati saya bilang, yang penting yakin wkwkw

Ketika pagi datang, matahari belum mengeluarkan sinarnya, kita mulai bersiap untuk summit attack, katanya sih 2 jam. Kita mulai mencari jalan jalan lagi di waktu masih gelap. Dengan kepala yg selalu melihat ke atas berharap puncka tidak sejauh yg kita pikirkan, dan trek yg tidak serumit seperti yg kita bayangkan. Ya seperti yg saya takutkan, trek summit disini batu batuan yg licin, dengan keyakinan sedikit demi sedikit kaki melangkah akhirnya saya bisa berada di puncak tertinggi jawa tengah :)

Dari sini kita bisa melihat gunung ciremai yg indah di sebelah barat, dan di sebelah timur gunung kembar sindoro sumbing yg mempesona. Setelah puas berfoto dan bersyukur menikmati keindahan pesona slamet, kita terus turun. Lagi lagi dengan perlahan kita mencoba turun karena treknya memang licin. Pas nyampe tenda kita langsung packing barang, setelah beres semua langsung lanjut tracking turun, mencoba mengingat jalan pulang kembali. Oiya satu hal yang istimewa di slamet, saya bisa mendengar suara adzan :) baru digunung ini adzan yg begitu jelas.

Di perjalanan pulang kita baru bertemu pendaki yang akan mendaki slamet. Untuk turun kita butuh waktu sekitar 2 jam, memang cukup melelahkan. Di basecamp ternyata sudah dibuka kembali untuk umum, makanya sudah banyak pendaki yg mulai berdatangan. Dari sini kita bingun untuk transport ke terminal, ada angkutan di tawar juga mahal banget. Ya akhirnya kita nyoba nyari pick up sayur, 3 kali oper pick up sayur alhamdulillah kita bisa sampe jalan raya Purbalingga,  lanjut oper bis kecil menuju terminal purwokerto. Jam 12 siang kita sampe terminal, lanjut nyari tempat mandi dan makan siang. Bis yg balik ke surabaya nih agak susah, disini juga terkenal banyak banget calo. Harga yg ditawarin gila mahal banget. Dengan inisiatif nanya nanya akhirnya nemu bis yg agak murah tapi nunggu sampe jam setengah 4 sore baru berangkat. Perjalanan panjang kita mulai lagi, dengan macetnya jalanan menyurusuri jalanan Purwokerto sampe ke surabaya, kurang lebih perjalanan 15 jam tepat jam 9 pagi kita baru sampe di terminal purabaya. Ini perjalanan gila yg pernah saya lakukan