Sabtu, 13 Agustus 2016

Menikmati pecel di warung tertinggi di pulau Jawa

Dimulai dari rasa penasaran ingin menikmati pecel diketinggian, akhirnya kita memutuskan untuk jalan jalan ke lawu. Gunung yg ada di perbatasan jateng - jatim ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Konon katanya gunung ini juga menyimpan banyak misteri, bahkan di pos masuk juga tertulis pantangan pantangan jika mau nanjak ke gunung ini.
trek lawu

Perjalanan ini kita mulai di hari jumat malam, ya biasa kita naik bus. Transport ke lawu cukup susah kalau malam, kita diharuskan oper 2 kali, jadi dari bungurasih turun di maospati, dari maospati nyarter mobil langsung ke cemoro sewu (magetan) atau bisa juga cemoro kandang(karanganyar), kalau nyarter disini mahal sekitar 350 ribu. Karena kita hanya berdua ya jadi ga nyarter -_- dari bungur kita berangkat jam 10 malam, nyampe maospati sekitar jam 2 shubuh. Kepagian banget yaak -_- terus kita putuskan untuk menunggu di terminal maospati karena jika nyarter mahal untuk cuma berdua, sekalian nunggu mungkin ada barengan yg mau ke lawy. Sambil tiduran, tiba - tiba ada orang baik yg nyamperin kita, dia menawarkan untuk mengantar ke pasar sayur, mungkin saat itu hari yg beruntung haha dia bercerita kalau punya anak yg di sby. Dari pasar sayur rencana sih mau numpang pick up sayur aja, tapi sambil nego dgn angkot akhirnya berujung pada sebuah kontrak, lumayan lah dianter harganya ga terlalu mahal dari pasar sayur ke pos perizinan. Lumayan perjalanan sejam, sampe tidur di mobil zzz
Setelah nyampe di cemoro sewu, yg ditunggu tunggu nih, makan dulu haha.. Jam 4 shubuh kita mulai pendakian, cukup gelap sih. Jalan sambil merem -_- pas agak pagian, ketemulah kita sama orang orang yg juga mau ke atas, bukan pendaki loh tapi ibu ibu yg nganter makanan untuk dijual diatas. Setelah 2 jam berjalan kita nyampe deh di pos 2, duh perut laper lagi tapi ngantuk juga banget. Kita buka tenda deh, tidur dulu lah kali aja bangun bangun uda puncak wkwk
Hampir dua jam saya tidur dengan nyenyak, lanjut jalan lagi menuju pos berikutnya. Cuaca kebetulan cukup cerah, terik matahari cukup untuk menghitamkan kulit. Setelah 3 jam berjalan, akhirnya nyampe juga di puncak, tapi bukan puncaknya lawu. Hargo dalem namanya, disini kita bisa menikmati pecel di atas awan, konon katanya ini warung tertinggi di jawa.  Kabut tebal datang, dingin begitu menusuk kulit, yah kita ga perlu buka tenda disini, cukup pake sleping bag aja, terus bubuk cantik wkwk kebetulan pas itu lagi sepi banget cuma 4 orang, disini juga bisa ngecharge hp loh, ada gensetnya sih. Pas uda bangun ternyata banyak pendaki yg baru berdatangan, ah lanjut tidur sampe pagi.
Ketika ayam jago mulai berkokok, berarti sang surya akan kembali bersinar. Kok ada ayam di puncak??  Iya ada lah, ini warung aja ada -_- Oke, kita mulai menanti matahari terbit dari timur.

Wow, sungguh keren sekali, sinarnya begitu istmewa ketika baru muncul.
Setelah berfoto kita lanjut jalan ke puncak tertingginya lawu "hargodumilah" lumayan jalan sekitar 15 menit. Di puncak ternyata sudah rame juga. Setelah puas foto foto di puncak saat nya turun nyari sarapan nih, pecel mbok yem menu yg sangat istimewa.

Di sekitar warung ternyata ada tempat yg istimewa jarang orang yg tau dan kesini. Kebetulan saya dukasih tau temen dari malang yg kebetulan ketemu di lawu. Ini tempat terbuat dari sampah sampah botol bekas para pendaki.

Jam 8 kita putuskan untuk turun, perkiraan jam 10 uda sampe perizinan. Eh tanpa diduga di sekitar pos 5 ke pos 4, kaki saya yg  tadinya nyaman banget untuk lari larian, langsung kesleo -_- kalau ga dipaksa jalan ga bisa pulang. Perasaan kaki uda ga kuat aja di ajak jalan. Akhirnya dengan bantuan teman saya ini, dicarikan tongkat. Ok, jalan dengan tongkat. Perlahan dan pasti kita ga narget nyampe bawah jam berapa, yang penting sampe dengan selamat. Teman baik saya Andi, dengan baik hati membawakan ransel. Mungkin ga tega kali ya wkwkkw. Ya akhirnya jam 1 kita baru sampe di pos perizinan,, Syukur deh, Kita langsung nyari tempat mandi dan makan, tidak lupa menu spesial sate kelinci wkwk
Ini bingung lagi pas mau pulang, kendaraannya kalau nyarter berdua mahal bgt. Akhirnya kita nunggu barengan. Pas lagi nunggu ketemu orang, dan dia bercerita kalau dari lawu juga, dalam pikiran saya gila nih orang, pake hem lengan pendek, celana pendek, bawa tas kecil. Kulitnya kayak beruang kali. Karena saya akui dari semua gunung yang pernah saya kunjungi, dinginya lawu masih nomer satu.
Ga lama, kita ketemu teman STM, ternyata lagi ndaki di lawu juga tapi dia dengan rombongan jihadnya wkwkw. Pas juga kita nemu barengan nyarter mobil rombongan pendaki dari jombang. Nebeng turun ke terminal deh biar lebih irit biaya. Nyampe terminal maospati jam 3 an, lanjut kita langsung nayri bis tujuan surabaya. Karena memang lagi hari minggu jadi bisnya penuh, lumayan deh berdiri sejaman -_-
Akhirnya jam 8 malem nyampe juga di surabaya. Perjalanan panjang yg melelahkan :)